Street art adalah seni bergengsi

Street art adalah segala jenis seni yang dikembangkan di ruang publik, termasuk di jalan, Salah satu jenis street art yang paling popular adalah grafiti. Disebut grafiti karena karya seni yang dituangkan lebih banyak berupa kata atau ungkapan ter­tentu yang digoreskan di tembok, Wujud dan bentuk kata-kata ter­sebut kemudian dikembangkan sehingga mempunyai nilai seni.

Pada awalnya grafiti merupakan sebuah bentuk pemberontakan masyarakat atas tekanan ya,ng mereka hadapi Seturut perkem­bangan zaman; grafiti digunakan oleh kelompok-kelompok jalanan untuk menyebarkan rasa takut pada masyarakat yang mereka tindas sekaligus untuk menegas­kan kekuatan mereka, di era ini tak jarang terlihat sebuah grafiti dicoret dan ditimpa dengan kata-kata penghinaan, dan di sampingnya muncul grafiti baru yang lebih mencolok, di indonesia, bentuk ekspresi seni ini tidak diadopsi mentah­-mentah, walau pada dasarnya grafiti juga digunakan untuk menumpahkan uneg-uneg atas real ita sosial yang tidak kondusif. Tetapi dalam perkembangannya, grafiti diolah lebih 'serius'. Grafiti bukan lagi sekedar teriakan tanpa suara, melainkan sudah lebih jauh masuk ke ranah seni.

Grafiti tidak lagi asal buat. Grafiti bukan hanya sekedar coretan kata-kata. Ada konsep dan per­siapan matang di balik coretan tersebut. Bahkan, gambar awal tak lagi sekedar guratan kasar di atas kertas. Konsep tersebut diolah lewat photoshop sampai matang, baru dipindahkan ke dinding. Coba saja kita tanya pada kelompok pelaku street art di tanah air. Dengan mudah mereka akan menyebut beberapa nama tokoh periklanan yang giat mengembangkan street art ini.

Kreativitas dan orisinalitas, yang menjadi pedoman utama ber­karya, dikemas secara maksimal. Bukan hanya'grafiti, tetapi juga mural. Bukan hanya cat semprot, tetapi juga cat tembok dan stensil.
Street art akan menjadi karya seni yang diperhitungkan bila di­tata dengan baik. Artinya, harus ada kebesaran hati pengelola wilayah, dalam hal ini pemerin­tahan setempat, mulai dari Lurah sampai Gubernur, dalam me­mahami karya seni inL Apa yang pernah dilakukan oleh Pemda Yogyakarta patut diacungi jempol. Dengan memberi ruang bagi para pelaku street art, bagian-bagian kota Yogya terbebas dari vandalisme dan tembok-tembok kota yang kusam berubah menjadi cerah. Efek sampingnya, tidak ada lagi kata-kata kotor yang menodai dinding­dinding tersebut.

Ada banyak bukti yang menun­jukkan bahwa street art merupa­kan seni yang sudah mendunia. Ada cukup banyak buku yang diterbitkan baik di Jepang mau­pun Amerika yang mengulas sejarah dan perkembangan street art. Ada begitu banyak komunitas street art yang berkembang di kota-kota besar dunia, seperti Tokyo, Jakarta, Singapura, Hong Kong, Frankfurt, dan lain-lain. Ada pula beberapa tokoh street art yang nama dan karyanya dianggap monumental. Tentu saja yang dikenal adalah karya dan taggingnya. Sosok asli justru jarang diketahui publik, karena satu hal yang menjadi ciri komu­nitas ini adalah penggunaan nama jalanan. Semakin hebat karyanya, semakin misterius orangnya. Tagging menjadi iden­titas utama sebuah karya grafitL Siapa tak kenai Banksy. Tak ada seorangpun yang tahu sosok aslinya, tetapi karya-karyanya sarat dengan pesan sosial dan inspiratif. Belum lagi berbagai workshop yang diselenggarakan setiap komunitas untuk meng­asah dan meningkalkan kemam­puan anggota kelompoknya.

Sumber :FGD
Picture: freemixology

Smashing Magazine Feed

Pixel2Life.com: Adobe Illustrator Brushes and Brushing Tutorials

You the Designer

 
top